program kerja setahun bem unikaltar



A.    PENDAHULUAN
 Badan Eksekutif Mahasiswa adalah wadah dari seluruh mahasiswa untuk mengembangkan bakat dan kemampuan yang dimiliki agar menjadi mahasiswa untuk memiliki kekayaan dibidang pengetahuan, kesenian dan lain sebagainya.
Karena Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Kaltara Tahun periode 2017/2018 sangat mengedepankan nilai kekeluargaan sehingga dapat melakukan segala kegiatan yang akan kami jalankan dengan system kebersamaan dan lebih efektif. oleh karena itu, kami menyadari kualitas suatu organisasi sangat dipengaruhi oleh jiwa profesionalisme dan sifat loyalitas dari seluruh anggota – anggotanya maupun elemen yang terlibat. Landasan kekeluargaan, profesionalisme dan loyalitas kerja yang kuat, inilah yang selalu menuntut kami untuk menghadirkan inspirasi. Dimana inovasi adalah prioritas penggerak aksi untuk semua masyarakat kampus, lingkungan sekitar dan abdi untuk Negara tercinta INDONESIA  dan selalu berupaya untuk terus memberikan nilai nilai yang bermanfaat. Kami selaku Badan Eksekutif Mahasiwa bekerja dengan maksimal agar seluruh usaha keras yang akan dilakukan tidak lekang dan budaya-budaya baik yang tertanam di Universitas Kaltra tetap menjadi contoh yang akan menuntun kedalam hal yang lebih baik untuk dapat mewujudkan seperti yang di cita-citakan, dan semoga dengan adanya media madding, akun social baik Facebook dan BMM dan yg lainx bisa membantu memberikan informasi kegiatan-kegiatan dan informasi lainnya.
BEM merupakan organisasi mahasiswa tingkat Universitas Kaltra yang berwenang dalam menjalankan fungsi ekesekutif dalam organisasi Keluarga Mahasiswa UNIKALTAR. BEM mewakili mahasiswa pihak Universitas, maupun untuk pihak-pihak lain.Di BEM Fakultas memiliki jalur koordinasi dengan BEM UNIKALTAR.
BEM menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kekeluargaan antar mahasiswa, daya kritis, pengembangan minat dan bakat, serta kesejahteraan mahasiswa. Organisasi-organisasi program Sarjana tingkat fakultas, yang disebut dengan Independen ada di bawah koordinasi BEM Universitas Kaltara.
Mahasiswa sebagai entitas Universitas Kaltara memiliki peranan penting dalam membentuk keluarga besar yang berpartisipasi aktif dengan segala potensinya guna menghasilkan prestasi. Peranan penting ini diwujudkan melalui berbagai kegiatan yang kreatif dan inovatif pada lembaga kemahasiswaan di lingkungan Universitas.
Lembaga kemahasiswaan hadir di tengah-tengah mahasiswa dengan sebuah semangat dan harapan untuk menjadi salah satu solusi untuk pengenjawantahan tujuan di atas. Berbagai lembaga kemahasiwaan dengan berbagai karakter, fungsi, serta budaya yang tergabung dalam BEM Fakultas Ekonomi Universitas Kaltara menghiasi warna kemahasiswaan Universitas Kaltara. Pada tingkat Universitas Dewan  Perwakilan  Mahasiswa (DPM) sebagai fungsi legislatif  sedangkan  fungsi eksekutifnya dijalankan oleh Badan Eksekutif  Mahasiswa (BEM).
Keanekaragaman bukanlah suatu halangan bagi kemajuan kemahasiswaan Universitas Kaltara, melainkan merupakan hasanah potensi yang kelak akan dikembangkan menjadi prestasi. Keanekaragaman haruslah bersatu menjadi kesatuan yang erat, layaknya bangsa ini yang memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika, meskipun beragam namun tetap satu, yakni Keluarga Universitas Kaltara  yang bersinergi, membanggakan dan amanat untuk negeri.Visi, Misi, Tujuan.
Pada dasarnya, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dalam pelaksanaan fungsi Eksekutifnya harus dapat memberikan keuntungan optimal bagi mahasiswa,Universitas, negara, bangsa, Dekan dan lembaga pendidikan secara umum. Dalam mencapai misi tersebut, menghasilkan mahsiswa yang berkualitas, menciptakan daya saing serta taqwa kepada Tuhan yang Maha Kuasa tak lepas dari kontribusi dan keberadaan setiap mahasiswa di Unikaltar Kaltara.

B.     FUNSI DAN TUGAS SECARA UMUM
1.      KETUA
Fungsi :
Pimpinan tertinggi BEM UNIKALTAR
Tugas:
1. Bertanggungjawab atas BEM UNIKALTAR
2. Mengembangkan BEM UNIKALTAR ke ranah eksternal dan internal.
3. Koordinator, motivator, dan mobilisator pengurus BEM UNIKALTAR
2.      WAKIL KETUA
Fungsi:
Wakil Ketua menjaga internal BEM UNIKALTAR
Tugas:
1.      Menggantikan ketua bila berhalangan.
2.      Kontrol kesuluruhan program kerja dan kepengurusan internal BEM UNIKALTAR
3.      Menjaga sinergitas internal BEM Universitas maupun UKM ,BEM Faklutas,dan HMJ

3.       SEKRETARIS
Fungsi:
Bertanggungjawab atas sistem administrasi BEM UNIKALTAR”
Tugas:
1.         Mengontrol, penjagaan dan pengarsipan dokumen-dokumen organisasi (surat-surat, dokumentasi kegiatan, proposal dan LPJ)
2.          Mengumpulkan, merapikan, dan bertanggung jawab atas file-file di komputer BEM UNIKALTAR.
3.         Menyusun laporan pertanggungjawaban BEM UNIKALTAR

4.      BENDAHARA
Fungsi:
Bertanggungjawab atas managemen keuangan BEM UNIKALTAR
Tugas:
1.   Memanajemen keuangan organisasi BEM UNIKALTAR
2.   Membuat laporan keuangan secara berkala dan kontinyu selama kepengurusan BEM UNIKALTAR

5.      BIDANG INTERNAL
Bidang Internal disini kedudukannya adalah mengatur segala hal yang berkaitan dengan intra kampus .Bidang internal adalah orang yang dipilih ketua BEM secara langsung oleh bem dalam melaksanakan tugas yang berkaitan dengan pola hubungan internal keluarga besar Mahasiswa mendampingi/menggantikan ketua bem/wakil wakil bem disaat berhalangan.

Tugas – tugas Bidang internal:
1.    Menjalin koordinasi dan konsolidasi dengan organisasi lain di lingkungan kampus.
2.   Melakukan klarifikasi atas segala kebijakan pengurus BEM
3.    Memperhatikan kebutuhan dan kesejahteraan mahasiswa

6.      DEPARTEMEN ADVOKASI DAN KESEJAHTERAAN MAHASISWA (ADKESMA)
Departemen Adkesma merupakan sebuah departemen yang bertugas untuk membantu mahasiswa Universitas Kaltra dalam advokasi mengenai fasilitas, akademis dan ekonomi untuk memenuhi kesejahteraan serta cepat tanggap terhadap permasalahan yang terdapat pada mahasiswa Unikaltar.

7.      DEPARTEMEN KESTARI
Bidang Kestari adalah bidang yang bertugas memastikan keteraturan administrasi dan ruang kesekretariatan dengan membuat sistem administrasi yang baik, memenuhi seluruh fasilitas di ruang kesekretariatan dan menumbuhkan kesadaran seluruh pengurus BEM untuk menjaganya agar tercipta profesionalisme kerja dan juga lingkungan kerja yang nyaman serta berkewajiban membantu sekretaris.

8.      DEPARTEMEN KEUANGAN
Merupakan bidang yang dikomando secara langsung oleh Bendahara Bem. Bersama bendahara, bidang Keuangan akan berperan aktif dalam mencari dana bagi kegiatan-kegiatan BEM melakukan berbagai cara yang halal dan kreatif. Bidang Keuangan juga berperan untuk menstimulus gerakan kewirausahaan bagi mahasiswaUnikaltar.

9.      DEPARTEMEN RISET DAN KAJIAN STRATEGI  (RASTRA)
Fungsi :
Departemen Rastra merupakan sebuah departemen yang berperan sebagai motor penggerak dalam pergerakan mahasiswa. Departemen ini berorientasi pada kajian yang kreatif dalam membumikan isu, serta responsif terhadap berbagai gerakan dan tindakan nyata sebagai bentuk kontribusi serta penyikapan terhadap isu-isu sosial dan politik yang berkembang pada tingkat fakultas, universitas, nasional, maupun internasional.

Tugas:
1.      Mengkaji dan meneliti permasalahan Sosial, Politik,Ekonomi ,Pertanian, Budaya dan pendidikan baik dalam internal maupun eksternal Unikaltar.
2.      Mengupayakan pembangunan mahasiswa yang berkarakter kritis dan solutif terhadap isu yang berkembang di dalam maupun di luar kampus.
3.      Mengupayakan pencerdasan politik dan pendidikan politik terhadap mahasiswa Unikaltar
4.      Menjalankan aksi dan reaksi atas kebijakan politik baik, kampus, regional, nasional maupun internasional.

10.  BIDANG EKSTERNAL
FUNGSI :
Bidang Eksternal Disini Kedudukanya Adalah Mengatur Segala Yang Berkaitan Dengan Ekstra Kampus. Bidang Eksternal adalah orang yang dipilih ketua BEM secara langsung dalam melaksanakan tugas yang berkaitan dengan hubungan eksternal keluarga besar mahasiswa mendampingi/menggantikan ketua bem/wakil bem disaat berhalangan.

  Tugas – tugas Bidang Eksternal:
1.Menjalin konsolidasi atau kerjasama dengan stake holder instansi pemerintah,OKP,dll.
2.Mampu bekerjasama dengan Bem Fakultas UKM dan HMJ dengan menjalin silaturahmi
3.Dapat mencitrakan secara positif BEM Unikaltar di tataran Kalimantan utara dan Nasional.
4.Mengembangkan bidang kerjasama BEM UNIKALTAR dengan BEM atau instansi yang lain .

11.  DEPARTEMEN INFORMASI DAN KOMUNIKASI (INFOKOM)
Fungsi:
1.      Mengelola media publikasi dan pusat informasi BEM UNIKALTAR
Tugas:
Mengelola media yang dimiliki oleh BEM UNIKALTAR baik media cetak maupun elektronik
2.      Memberikan informasi kegiatan kemahasiswaan dan akademik kepada mahasiswa dan alumni UNIKALTAR serta masyarakat umum dengan berbagai media.
                 Tugas:
1.   Memegang dan menjalankan fungsi kaderisasi mahasiswa UNIKALTAR
2.   Mengembangkan kapasitas mahasiswa dalam bidang  hardskill dan softskill 
3.   Mengembangkan dan mempersiapkan generasi penerus kepemimpinan organisasi internal BEM UNIKALTAR.

12.  DEPARTEMEN SOSIAL MASYARAKAT (SOSMAS)
Fungsi:                                      
Bidang  Sosial Masyarakat adalah Bidang ini yang berfokus melakukan pengabdian dan pelayanan serta pengembangan kepada masyarakat, serta melakukan advokasi terhadap permasalahan sekitar: dengan melakukan aktivitas sosial yang berkesinambungan dan melakukan kontribusi nyata kepada masyarakat.


      Tugas:
1.         Meningkatkan kepekaan sosial Mahasiswa Unikaltar.
2.         Melaksanakan aksi sosial kepada masyarakat dalam kurun waktu berkala.
3.         Menjalankan pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat.
4.         Menumbuhkan kesadaran mahasiswa dalam pengaplikasian terhadap masyarakat luar.

13.  DEPARTEMEN LINGKUNGAN HIDUP (DLH)
Departemen Lingkungan Hidup (DLH) memiliki fungsi untuk memfasilitasi mahasiswa untuk berperan dalam lingkungan hidup di baik melaladvokasi maupun usaha mandiri. Departemen ini memiliki beberapa sifat program kerja, yaitu advokasi, rangkaian acara, dan campaign.

14.  DEPARTEMEN KEWIRAUSAHAAN
Departemen Kewirausahaan merupakan departemen yang mempunyai minat dan bergerak dalam bidang kewirausahaan. Tujuan dari departemen ini adalah untuk mengembangkan jiwa entrepreneur para anggotanya melalui praktek secara langsung yang tertuang dalam program kerja yang dilaksanakan. Lebih lanjut, departemen KWU juga terus berkomitmen untuk memfasilitasi para mahasiswa yang mempunyai minat dan ingin mengerti lebih dalam mengenai kewirausahaan.
C.    STRUKTUR PENGURUS BEM UNIKALTAR

Ø  Ketua                    : Risno Karsim
Ø  Wakil Ketua          : Ricet Putra Ijen,S
Ø  Sekretaris              : Andi Rachman
Ø  Bendahara              : Yunita Sari











Bidang Dan Departemen

Ø  Bidang Internal
·         Koordinator Bidang                : Didi Kadarismanto

Ø  Departemen Advokasi dan Kesejatraan Mahasiswa
·         Wakil Ketua                            : Antonius Paulus Tueng
·         Sekretaris                                : Istiqomah 

Ø  Departemen Adminitrasi Dan Kesekretariantan
·         Wakil Ketua                            : Sumarni
·         Sekretaris                                :Wahyuni

Ø  Departemen keuangan
·         Wakil Ketua                            : Irfan Nur
·         Sekretaris                                : Eka Lathifatul Mahmudah

Ø  Departemen Riset,Kajian Dan Strategi
·         Wakil Ketua                            : Nasrudin
·         Sekretaris                                : Oktoberly

Ø  Bidang Eksternal
·         Koordinator Bidang                : Novi Wandra

Ø  Departemen Soseial Masyarakat
·         Wakil Ketua                            : Hendra Saputra
·         Sekretaris                                : Indah Setyawati

Ø  Departemen Lingkungan Hidup
·         Wakil Ketua                            : Latifah Nur
·         Sekretarsi                                : Wahyuni

Ø  Departemen Informasi Dan Komunikasi
·         Wakil Ketua                            : Riski Saputra
·         Sekretaris                                : Windah

Ø  Departemen kewirausahaan
·         Wakil Ketua                            :  Mulia
·         Sekretaris                                :  Elviani
D.    VISI ,MISI DAN TUJUAN BEM
VISI : Membumikan Karya dalam Harmoni Keberagaman  antar Civitas Akademika dalam menciptakan inovasi yang ungul untuk Universitas kaltara”.
                           Penjabaran dari Visi Membumikan Karya :
BEM Universitas harus berusaha membumikan karya-karyanya dalam bidang apapun itu. Membumikan karya disini artinya bagaimana kemudian karya yang tercipta dari BEM Universitas Kaltara dapat dikonsumsi oleh masyarakat Kaltara itu sendiri. Sehingga kemudian karya tersebut diharapkan semakin banyak dapat menginspirasi mahasiswa lain untuk juga berkarya. BEM Universitas Kaltara sudah saatnya dekat dengan masyarakat Kaltara sampai kepada titik-titik individunya, tidak lagi hanya kalangan penghuni gedung Kampus unikaltar, tidak hanya dekat dengan Ketua-Ketua lembaga dilingkungan fakultas-fakultas di Universitas Kaltara saja, namun lebih dari itu kami mempunyai cita-cita agar dapat mengakomodir keinginan, harapan dan keikutsertaan individu mahasiswa untuk kemudian menjadikan BEM Universitas Kaltara mempunyai daya tawar dan keberadaannya dapat bermanfaat terhadap intelektual muda kampus Universitas Kaltara. Baik kegiatan-kegiatan ad-hoc seperti Student Day, Dies Natalis,pengabdian dan lain sebagainya ataupun karya-karya mengenai advokasi kampus, kajian-kajian pengawal kebijakan kampus, tindakan-tindakan pengawalan kebijakan pemerintah baik skala regional maupun nasional dan lain sebagainya. Harapannya jelas bahwa kami akan berusaha semaksimal mungkin agar karya yang kami ciptakan dapat membumi, dapat dikonsumsi oleh seluruh lapisan mahasiswa Universitas Kaltara, sehingga menumbuhkan kecintaan dan rasa memiliki terhadap almamater.
   Dalam Harmoni Keberagaman
Bagaimana mungkin kita bisa maju dan berkembang jika tidak berjalan beriringan, bagaimana mungkin dapat terciptanya kerukunan dan keharmonisan jika kita masih mengkotak-kotakkan kaum berdasarkan suatu golongan. Maka dari itu gagasan kami cukup jelas, mari kita bersama – sama membumikan karya-karya kita dalam harmoni kebe ragaman, dalam keselarasan walaupun berbeda-beda warna. Kini sudah saatnya unikaltar tidak lagi “Unikaltar aku”, “Unikalta kamu”, atau “Unikalta kami”, tetapi kemudian kita membentuk pola persatuan dan harmonisasi dalam keberagaman sehingga yang ada hanyalah “Unikalta KITA”. Mari kita merasa saling memiliki, saling menjaga, dan saling membantu satu sama lain, masalah fakultas A, masalah Fakultas B,C,D,E  Keberagaman inilah yang seharusnya membuat kita kuat jika kita bersatu, jika kita benar-benar menjadi KITA dan senantiasa diimplementasikan dalam dinamika kehidupan kampus.
                           Untuk Kaltara, Untuk Indonesia
Membumikan karya untuk dapat dikonsumsi masyarakat Universitas Kaltara, untuk dapat semakin banyak menginspirasi agar kemudian semakin banyak mahasiswa yang juga berkarya dengan menggali potensi yang ada dalam harmoni keberagaman, entah dari fakultas apapun dia, entah dari daerah manapun itu entah dari suku bangsa, agama, ras, dan golongan apapun dia, ketika timbul rasa persatuan yang membentuk “Kaltara Kita” tanpa membeda-bedakan tanpa mengkotak-kotakkan dalam golongan apapun, maka ini akan menjadi angin segar untuk memberikan hormon semangat membangun Kaltara menjadi lebih baik lagi dalam segala aspek. Harapannya jelas untuk kemudian menciptakan lulusan-lulusan yang dapat bersaing tidak hanya dikancah regional saja, tapi juga dikancah nasional, bahkan Internasional. Agar pada suatu ketika dapat berkarya dan mengabdi tidak hanya untuk Kaltara saja, tetapi juga untuk Indonesia.
                               MISI :
1.      Meningkatakan kualitas kinerja pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Kaltra
2.      Menjadikan BEM Universitas Kaltara sebagai wadah inspirasi untuk berkarya.
3.      Menjadikan BEM Universitas Kaltara sebagai alat perekat organisasi dan elemen kemahasiswaan dilingkungan universitas Kaltara
4.      Melayani dan memperjuangkan hak-hak mahasiswa dan masyarakat umum berlandaskan prinsip pengabdian dan  keadilan
5.      Berperan aktif dalam kegiatan sosial dalam upaya mewujudkan unsur tri dharma perguruan tinggi (pengabdian masyarakat).
4.      TUJUAN :

Tujuan dari organisasi ini adalah mewujudkan insan akademis yang profesional, kritis, inovatif, berakhlak mulia dan mengabdi demi terwujudnya masyarakat adil dan makmur yang diridhoi Tuhan Yang maha Esa.


E.     STRUKTUR BAGAN BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA
(terlampir)

F.     SUSUNAN PROGRAM KERJA
(terlampir)

G.    PENUTUP
Demikianlah proposal ini kami buat sebagai bahan pertimbangan bagi bapak yang merupakan penentu kebijakan di Rektorat ini dan dengan harapan yang besar kami bertekad untuk menjalan program kerja tersebut. Oleh karena itu kami sangat mengharapkan bantuan dari Rektorat sehingga semua kegiatan BEM kedepannya dapat berjalan dengan sukses, serta mendapatkan hasil yang sangat baik untuk mencapai target serta terwujudnya harapan sesuai dengaan apa yang kami rencanakan dan cita-citakan. Atas perhatian dan bantuannya kami ucapkan banyak terima kasih.


Tanjung selor, 10 Juli  2017
PENGURUS
BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA
UNIVERSITAS KALTARA

KETUA




RISNO KARSIM
NPM.2013 41053

SEKRETARIS




ANDI RACHAMAN
NPM.2013 51 008


Lampiran :1
PROGRAM KERJA
 BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA
UNIVERSITAS KALTARPERIODE 2017– 2018

NO
DESKRIPSI KEGIATAN
TUJUAN
BULAN
ANGGARAN
KETERANGAN
1.   
SEKRETARIS

a.      
Pengadaan perlengkapan kesekretariatan dan identitas  BEM
Untuk memperlancar kegiatan di kesekretaritan BEM

Juli 2017

Rp. 2.000.000,-

b.       
Pembuatan pedoman Adminitrasi
Seluruh ormawa memahahmi jalur adminitrasi

Mei 2017
-

c.        
Rapat Evaluasidan up greding
Meningkatkan pemahaman pengurus BEM
Menyesuaikan
-           

d.       
Mengatur jadwal acara kegiatan internal dan eksternal bem
Agar pengurus bisa mengatur jam kerjadankuliah

Mei
-           

e.        
Menyiapkan Pembuatan laporan kegiatan BEM
Demi transparasi

Di setiap kegiatan
-           



JUMLAH
Rp. 2.000.000,-


NO
DESKRIPSI KEGIATAN
TUJUAN
BULAN
ANGGARAN
KETERANGAN

2.   
BENDAHARA

a.        
Membuat rekening dan ATM
Merekeningkan Uang Kas BEM
Juli
-
-
b.       
Pencairan dana program kerja seluruh ORMAWA
Untuk melancarkan kegiatan ORMAWA

-

c.        
Transparasi hasil kegiatan
Melaporkan setiap kegiatan bem
-
-


Jumlah
Rp. -
NO
DESKRIPSI KEGIATAN
TUJUAN
BULAN
ANGGARAN
KETERANGAN
3.   
BIDANG INTERNAL

a.        
PKKMB 2017
Memperkenalkan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru
1 Agustus 2017
Rp. 20.000.000,-


b.       
Dies Natalis BEM Universitas
Memperingati hari jadinya BEM UNIV.
30 Mei
Rp.1.000.000,-


c.        
Merayakan hari Nasional dan Keagamaan
Untuk Meningkatkan nilai keimanan terhadap keslarasan beragama Indonesia, meningkatakan riligiusime dan menjungjung nilai-nilai keagaamaan.

menyusuikan

Rp. 5.000.000,-


Jumlah  :
Rp. 21.500.000,-
NO
DESKRIPSI KEGIATAN
TUJUAN
BULAN
ANGGARAN
KETERANGAN
4.   
DEPARTEMEN ADVOKASI DAN KESEJATRAAN MAHASISWA

a.        
Semianr Advokasi
Menciptakan mahasiwa peka dengan permasalahan.
Desember 2017
Rp.1.000.000,-

b.       
Lomba debat mahasiswa
Meningkatkan kecakapan dan kecerdasan mahasiswa
Maret  2018
Rp. 3.000.000,-

d.       
Aspirasi  BOX
Membantu mahasiswa disetiap keluhan mereka
Juli  2017

Rp.500.000,-


Jumalah :
Rp. 9.000.000,-
NO
DESKRIPSI KEGIATAN
TUJUAN
BULAN
ANGGARAN
KETERANGAN
5.   
DEPARTEMEN KESEKRETARIATAN DAN ADMITRASI (KESAKTRI)

a.      
Pengadaan bagan dan invertarisasi BEM
Memenuhi kesekretariatan bagan pengurus
Juli 2017

Rp. 1.500.000,-

b.       
Pengerjaan dan pengarsipan adminitrasi
Demi kelancaran adminitrasi
Mei 2017
-



Jumlah :
Rp. 1.500.000,-
NO
DESKRIPSI KEGIATAN
TUJUAN
BULAN
ANGGARAN
KETERANGAN
6.   
DEPARTEMEN KEUANGAN

a.        
Pengelolaan Dana disetiap kegiatan BEM
Memperlancar kegiatan BEM
Kondisional
-

b.       
Iuaran kas BEM
Menumbuh rasa kepedulian dan loyalitas pengurus
Setiap bulan
-

c.        
Dana usaha
Menambahkas BEM
Juni 2017
-


Jumlah :
Rp.
NO
DESKRIPSI KEGIATAN
TUJUAN
BULAN
ANGGARAN
KETERANGAN
7.   
DEPARTEMEN RISET DAN KAJIAN STRATEGI

a.        
Riset dan Kajian
Untuk mewujudkan mahasiswa Unikaltar inklusif oleh Ide, Kreativitas, dan Dedikasi dalam ranah keilmuan.
Seminggu sekali
-


b.       
Diskusi Rastra (Bedah Flem dan Beda Buku)
Untuk membawa sinergi antara gerakan intelektual dan moral yang dikemas dengan konsep kekinian dan menyenangkan.
Setiap minggunya

Rp. 500.000,-


c.        
Merayakan Hari-hari Keagamaan dan hari pahlawan/nasional
Memperingatihari agama dannasional
Menyesuaikan
Rp. 1.000.000,-


Jumlah :
Rp. 1.500.000,-

NO
DESKRIPSI KEGIATAN
TUJUAN
BULAN
ANGGARAN
KETERANGAN
8.   
BIDANG EKSTERNAL

a.      
Aksi solidaritas
Mengawal dan mengontrol kebijakan pemerintah
menyesuiakan
-

b.       
Lomba Karya Tulis Ilmiah
Menciptakan karya mahasiwa
Oktober 2017
Rp.3.000.000,-

c.        
Dialog publik
Membahas seputar kaltara untuk indonesia
September
Rp. 3.000.000,-


Jumlah :
Rp. 6.000.000,-
NO
DESKRIPSI KEGIATAN
TUJUAN
BULAN
ANGGARAN
KETERANGAN
9.   
DEPARTEMEN SOSIAL MASYRAKAT

a.      

Desa Binaan

kreasi aktivis mahasiswa dalam menyalurkan kegiatan pergerakan dalam bidang kepedulian sosial kemasyarakatan.
Desember 2017

Rp.3.000.000,-

b.      
KKN Mini
Pengabdian kesekolah sekolah yang  membutuhkan tenaga pengajar
Februari 2018

Rp.1.000.000,-


Jumalh :
Rp. 4.000.000,-

NO
DESKRIPSI KEGIATAN
TUJUAN
BULAN
ANGGARAN
KETERANGAN
10.            
DEPARTEMEN INFORMASI DAN KOMUNIKASI

a.      
Seminar dan pelatihan Jurnalis
Meningaktkan pengetahuan mahasiswa tentang jurnalis
Oktober 2017

Rp. 3.000.000,-

b.      
Membentuk PERS BEM UNIV
Selalu memberikan informasi yang upgrade disetiap kegiatanbem
oktober 2017

Rp. 1.000.000,-

c.       
Pembuatan WEB dan media mading
Mempermudah komunikasi dengan mahasiswa dan Memperluaskan setiap kegiatan BEM
Mei 2017

-



Jumalah :
Rp. 1.000.000,-
NO
DESKRIPSI KEGIATAN
TUJUAN
Bulan
Anggaran
keterangan
11.            
DEPARTEMEN LINGKUNGAN HIDUP

a.      

Bakti sosial
Meningkatkan kepedulian mahasiswa dengan lingkungan Bersih
Agustus2017
Rp.500.000,-

b.      
Memperigati  Hari Bumi

April 2018
Rp. 1.000.000,-


Jumlah :
Rp. 1.500.000,-

NO
DESKRIPSI KEGIATAN
TUJUAN
BULAN
ANGGARAN
KETERANGAN
12.            
DEPARTEMEN KEWIRAUSAHAAN

a.      
Pesta Rakyat
Menumbuhkan karya karya mahasiswa
Maret 2018
Rp. 5.000.000,-


b.      
Seminar Kewiarausahaan
Menciptakan mahasiswa menjadi warausaha.
Nopember 2017
Rp. 2.000.000,-



Jumalah :
Rp. 7.000.000,-

Total  :……………………………………………………………………………..
Rp. 50.000.000,-

Terbilang : ” lima puluh juta Rupiah “


















                                              Tanjung Selor,   10 Juli 2017 
          




KETUA




RISNO KARSIM
NPM.2013 41 053

BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA
UNIVERSITAS KALTARA


BENDAHARA




YUNITA SARI
NPM.2015 11 028


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL DESA BINAAN BEM UNIKALTAR

kesekretariatan adminitrasi bem unikaltar

BEM UNIKALTAR bersama Aliansi Gerakan Desa Menggugat menyelengarakan DIALOG PUBLIK dan RAPAT AKBAR