PROPOSAL DESA BINAAN BEM UNIKALTAR




A.     PENDAHULUAN

Agent of sosial change adalah suatu julukan yang merupakan kebanggan mahasiswa. Gelar yang merupakan arti dari sebuah jembatan yang menjembatani antara masyarakat dan pemerintah. Siswa menjadi penengah di antara keduanya.
Namun yang terjadi hari ini sangat jauh berbeda dengan harapan masyarakat. Mahasiswa tidak lagi peduli dengan masyarakat. Mahasiswa lupa akan tugas dan kewajibannya untuk menjadi jembatan antara pemerintah dan masyarakat. Sebagian mahasiswa sibuk menjadi mahasiswa “kupu-kupu” yakni mahasiswa yang hanya kuliah pulang kuliah pulang, sebagian lagi menjadi mahasiswa hedonis yang sibuk memikirkan fashion atau gaya berpakaian atau gaya bermeke up yang terbaru atau ada sebagaian mahasiswa yang sibuk menjadi mahasiswa akademik yang sibuk memikirkan nilai-nilai untuk menjadi mahasiswa terbaik. Bagus sebenarnya jika mahasiswa menjadi siswa akademis namun bagaiamana ketika mahasiswa melupakan tugasnya untuk menjadi bagian dari masyarakat tentunya peran mahasiswa manjadi pertanyaan besar yang perlu dijawab bersama.
Tridarma Perguruan tinggi memiliki tridarma yang berisi diantaranya pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Sebagai pendidik tentunya kita wajib menberikan pendidikan terhadap masyarakat sekitar tanpa adanya embel-embel pemberian materi. Melakukan berbagai penelitian guna menjadi mahasiswa yang peka terhadap berbagai permasalahan yang timbul hari ini dan mampu menciptakan berbagai inovasi yang baru. Selanjutnya dalam melakukan pengabdian yang tentunya merupakan peran mahasiswa yang sangat dinantikan oleh masyarakat. Mengabdikan diri mengaplikasikan kemampuan yang dimikili berbagi dan mampu menjadi pelopor perubahan dalam meningkatkan kualitas masyarakat.
Dengan demikian kami Badan Eksekutif Mahasiswa Univeristas Kaltara Tanjung Selor  bermaksud mengadakan suatu kegiatan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Yakni dengan mengadakan desa binaan.dengan waktu satu bulan tentunya waktu yang sangat sedikit namun dalam waktu tersebut semoga menjadi pelopor untuk semua mahasiswa yang lian untuk bersama ikut dalam mengabdikan diri kepada masyarakat.
Belajar bersosialisasi, menjadi bagian dari masyarakat juga menjadi bagian dari peruabahan masyarakat adalah hal paling penting yang merupakan suatu pembelajaran penting yang di inginkan dari kegiatan ini.
B.     DASAR KEGIATAN
1.      Ad /Art Bem Universitas Kaltara
2.      Program Kerja Bem Universitas Kaltara

C.     TUJUAN KEGIATAN
1.       Tujuan kegiatan ini untuk merealisasikan tridarma perguruan tinggi, salah satunya yakni      
mengabdikan diri kepada masyarakat
2.      Merealisasikan program kerja Bidang Sosila Mayrakat BEM Universitas Kaltara
3.      Meningkatkan silaturahmi BEM dan Masyarakat

D.      SASARAN KEGIATAN
“Masyarakat RT 10 Sungai Urang kecamatan Tanjung Palas hilir Kab. Bulungan”

E.      NAMA KEGIATAN

“DESA BINAAN”

F.      KONSEP KEGIATAN

1.                        Pendidikan Musyawarah
a)      Pendidikan musyawarah sebagai suatu pendidikan populer bertujuan membangkitkan kesadaran kritis komunitas marjinal. Pendidikan musyawarah bersifat dialogis, partisipatif, dan mengasah kemampuan komunitas membuat keputusan kolektif. Ruang lingkup pendidikan musyawarah adalah pendidikan bagi komunitas atau kelompok, bagi pendamping, dan bagi fasilitator. Pendidikan musyawarah juga memberikan pengetahuan motivasi, keterampilan atau keahlian, dan keahlian pengembangan organisasi.
b)      Belajar Pintar
Bentuk dari kegiatan ini adalah memberikan pengajaran kepada murid SD, dengan materi yang sesuai dengan kurikulum, untuk memacu minat dan motivasi siswa dalam belajar.

c)      Cerdas Cermat
Bentuk dari kegiatan ini adalah menguji kecerdasan anak melalui perlombaan cerdas cermat, yang nantinya akan berujung pada perlombaan cerdas cermat antara anak kelas SD dengan mahasiswa. Sasaran anak usia sekolah dasar Desa Citeureup.

2.                     Pendampingan Komunitas Pedesaan
Pendampingan komunitas berfokus pada penguatan organisasi pedesaan khususnya organisasi tani lokal sebagai unsur penggerak advokasi reforma agraria; dan pengembangan Ekonomi Rakyat, terutama usaha pertanian dan usaha rumah tangga, guna meningkatkan pendapatan masyarakat yang mencakup asistensi dan konsultansi pengembangan usaha kecil.
3.                      Advokasi Komunitas Pedesaan
Advokasi bertujuan meningkatkan posisi tawar komunitas pedesaan atas kasus-kasus yang mereka hadapi. Advokasi yang dilakukan terutama berkaitan dengan kasus-kasus pertanahan, sektor pertanian, dan industri rumah tangga. Fokus utama advokasi diarahkan pada advokasi kebijakan reforma agraria dan ekonomi rakyat, sekaligus sebagai suatu upaya melakukan pengorganisasian, pembentukan pendapat umum dan mempengaruhi kebijakan publik.
4.                     Pengembangan Jaringan dan Aliansi Strategis
Guna memperkuat upaya pemberdayaan komunitas pedesaan, perlu dikembangkan jaringan dan aliansi strategis, baik antara kelompok-kelompok masyarakat, maupun antara pendamping dan organisasi masyarakat sipil. Jaringan dan aliansi strategis ini mempunyai tiga tingkat, yakni tingkat lokal, nasional, dan internasional. Hal ini bertujuan menggalang kekuatan untuk aksi, lobi, dan negosiasi.
5.                     Pengembangan Pertanian Berkelanjutan: Input Luar
                        Rendah
Ketergantungan petani pada input luar berupa pupuk, pestisida kimia, dan bibit yang tinggi, mengakibatkan biaya produksi sangat mahal. Masalah yang dihadapi masyarakat desa, di samping tingkat pendapatan petani yang sangat rendah, adalah kemerosotan humus tanah dan bahaya pestisida bagi kesehatan komunitas desa serta hancurnya lingkungan. Maka, penggunaan bibit lokal, pupuk dan pestisida alami, pengendalian hama terpadu, dan input-input lainnya diharapkan selain mampu mengurangi biaya-biaya produksi juga meningkatkan pendapatan petani dan sekaligus melestarikan lingkungan sebagaimana prinsip utama pertanian berkelanjutan : menjaga keseimbangan keragaman hayati, meningkatkan nilai ekonomi pertanian, mempromosikan keadilan sosial, dan memastikan pengembangan manusia yang menyeluruh. Melalui Pertanian Berkelanjutan, perempuan yang disingkirkan oleh teknologi pertanian dapat kembali berperan aktif dalam proses pengambilan keputusan, produksi, konsumsi dan distribusi pangan.
6.                     Penelitian, Penerbitan, dan Penyebaran Informasi
                        Pedesaan
Guna meningkarkan sinergi berbagai kegiatan  yang sudah dilakukan, Bina Desa  menindaklanjuti dengan pengkajian, penerbitan, dan penyebarluasan gagasan dan informasi tentang pedesaan. Bahan-bahan tersebut diolah menjadi buku, selebaran, poster, kartu pos, dan modul-modul pendidikan. Semua ini ditujukan untuk penguatan rakyat, terutama rakyat di pedesaan.

7.                     KEWIRAUSAHAAN

a).Pelatihan Enterpreneurship
Bentuk dari kegiatan ini adalah pelatihan enterpreneurship. Sasaran warga masyarakat RT 10 sungai urang Tanjung Palas Hilir.

b).Filter Air
Bentuk dari kegiatan ini adalah pelatihan kepada warga sekitar yang berminat untuk menghasilkan filter air sehingga dapat digunakan untuk pribadi atau dijual kembali. Sasaran masyarakat RT 10 sungai urang Tanjung Palas Hilir.

8.                     PELATIHAN PENGORGANISASIAN KEMASYARAKATAN


G.    TEMA KEGIATAN

“Peran Mahasiswa sebagai agent of sosial of change dalam meningkatkan kualitas
masyarakat”

H.      WAKTU DAN TEMPAT
Waktu    : 08.00 s/d 17.00 wita
Tanggal : 15 Desember 2017 s/d 15 Januari 2018
Tempat   : Sungai Urang RT 10 Tanjung Palas Hilir Kab. Bulungan
                                                                            
I.          SUSUNAN KEPANITIAAN
(Terlampir)

J.       AGENDA ACARA
(Terlampir)

K.    ESTIMASI BIAYA
(Terlampir)





L.     PENUTUP

Demikian proposal ini kami buat, dengan harapan kami mendapat kerjasama bagi keberlangsungan kegiatan ini demi peningkatan esensi dan eksistensi Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Kaltara Atas perhatian dan partisipasinya kami mengucapkan terimakasih.
Tanjung selor,11 Nopember 2017
PANITIA PELAKSANA
DESA BINAAN

KETUA PANITIA




HENDRA SAPUTRA
NPM.2015 41 017

SEKRETARIS PANITIA




EKA LATHIFATUL.M
NPM.2015 51 017







Mengetahui,
KETUA
BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA UNIVERSITAS KALTARA





RISNO KARSIM
NPM.2013 41053












Lampiran I
SURAT KEPUTUSAN
PENGURUS
BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA 
UNIVERSITAS KALTRA TANJUNG SELOR
NO : 04 /A/SKep/BEM–UNIKALTAR/IX/2017
TENTANG
PENGESAHAN SUSUNAN PANITIA PELAKSANA
DESA BINAAN
BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA
 UNIVERSITAS KALTRA TANJUNG SELOR
TAHUN  2017
SUSUNAN KEPANITIAAN

Pelindung
:
Tuhan Yang Maha Esa
Penanggungjawab
:
Bem Univeristas Kaltara Tanjung Selor
Stearing Committee (SC)
:
Sumarni
Irvan Nur
Istiqomah
KetuaPelaksana
:
Hendra Saputra
Sekretaris
:
Eka Lathifatul Mahmudah
Bendahara
:
Istiqomah
Divisi Acara
Koordinator
:
Didi Kadarismanto
Anggota
:
Antonius Paulus Tueng
   Oktoberly
Divisi Pubdekdok
Koordinator
:
Windah
Anggota
:
Mulia
Latifah Nur
Divisi Humas
Koordinator
:
Novi Wandra
Anggota
:
 X   anton
      Indra 

Divisi Konsumsi dan Peralatan
Koordinator
:
Nasrudin
Anggota
:
Ilham
Wahyuni































Lampiran : 2

ESTIMASI BIAYA
DESA BINAAN

NO
URAIAN
BANYAKNYA
HARGA SATUAN
RP
JUMLAH
RP
1
Kesekretariatan
a.       Fotocopy
-
-
200.000
b.      Proposal
-
-
50.000
c.       Amplop besar
1 dus
15.000
15.000
d.      Surat
-
-
25.000
e.       Kwitansi
1 buah
2.000
2.000
f.       Tinta
4 buah
-
750.000
g.      Stempel panitia
1 buah
100.000
100.000
h.      Spanduk
5 buah
-
1.000.000
i.        Lakban
2 buah
25.000
50.000
j.        Modul
20 buah
5.000
100.000
k.      Co-Card Panitia
20 pcs
-
50.000
l.        HVS
2 rim
30.000
60.000
Jumlah

2.402.000
2
Divisi Acara
b.      Alat Keterampilan
1 Paket
200.000
d.      Hadiah + piala +piagam +sertifikat
-
-
5.000.000
Seminar pertanian


3.000.000
Seminar perkebunan


3.000.000
Seminar kewirausahaan


3.000.000
Seminar pengorganisasian kemasyrakatan


3.000.000
Seminar advokasi


3.000.000
Seminar KMO


3.000.000




Transportasi


1.500.000
Jumlah

19.500.000
3
Divisi Humas
d.      Sumbangan Pembangunan
-
-
5.000.000
Jumlah

5.000.000
4
Divisi Konsumsi
a.       Aqua gelas
25 dus
25.000
625.000
b.      Aqua Botol
5 Dus
50.000
250.000
c.       Buah + snack
-
-
1.500.000
Jumlah
2.375.000
Total 1+2+3+4= …………………….
Rp. 29.277.000,00

Terbilang: Dua Puluh Sembilan Juta Dua Ratus Tujuh Puluh Tujuh Ribu Rupiah”


Tanjung Selor,11 Nopember 2017

PANITIA PELAKSANA DESA BINAAN

KETUA PANITIA


HENDRA SAPUTRA
NPM: NPM.2015 41 017

BENDAHARA PANITIA


ISTIQOMAH
NPM:2014 41 098

Mengetahui,
KETUA BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA
UNIVERSISITAS KALTARA

RISNO KARSIM
NPM:2013 41 053
Lampiran III
JADWAL ACARA
 MENGAJAR KEGIATAN DESA BINAAN

Pertemuan
Hari/ Tanggal/waktu
Petugas
Minggu ke 1
jumat, 15 Desember 2017
14.00 sd selesai
Seluruh Anggota BEM

Sabtu, 16 Desember 2017
15.00 sd 17.00 wita
Sumarni
Novi Wandra
Istiqomah

Minggu 17 Desember 2017
15.00 sd 17.00 wita
Antonius Paulus Tueng
   Siti Yunitasari
Windah
Minggu ke 2
Jumat,22 desember 2017
15.00 s/d 17.00 wita
Hendra Saputra
Oktobely
Eka Lathifatul Mahmudah

Sabtu, 23 Desember 2017
15.00 sd 17.00 wita
Siti Yunitasari
Andi Rahman
Didi kadarismanto

Minggu 24 Desember 2017
15.00 sd 17.00 wita
Sumarni
Novi Wandra
 Istiqomah
Minggu ke 3
Jumat,29 Desember 2017
15.00 s/d 17.00 wita
Antonius Paulus Tueng
   Siti Yunitasari
Windah
Sabtu, 30 Desember 2017
15.00 sd 17.00 wita

Hendra Saputra
Oktobely
Eka Lathifatul Mahmudah
Minggu 31 Desember 2017
15.00 sd 17.00 wita
Siti Yunitasari
Andi Rahman
Didi kadarismanto
Minggu ke 4
Jumat,05 Januari 2018
15.00 s/d 17.00 wita
Sumarni
Novi Wandra
 Istiqomah
Sabtu, 06 Januari 2018
15.00 sd 17.00 wita

Hendra Saputra
Oktobely
Eka Lathifatul Mahmudah
Minggu ke 4
Minggu 07 Januari 2018
15.00 sd 17.00 wita

Sumarni
Novi Wandra
 Istiqomah

Jumat,12 Januari 2018
15.00 sd 17.00 wita

Siti Yunitasari
Andi Rahman
Didi kadarismanto

Sabtu,13 Januari 2018
15.00 sd 17.00 wita

Hendra Saputra
Oktobely
Eka Lathifatul Mahmudah

Minggu,14 Januari 2018
15.00 sd 17.00 wita

Antonius Paulus Tueng
   Siti Yunitasari
Windah

Senin Penutup
15.00 sd 17.00 wita
Seluruh pengurus Bem

















JADWAL ACARA MINGGUAN
KEGIATAN DESA BINAAN

Pertemuan
Hari / Tanggal/waktu
Petugas
Materi
Pemateri
Minggu
 ke 1
Kamis,21 Desember 2017
09.00- 12.00 wita
Antonius P.T
   Siti Yunitasari



Sumarni
Mc
1.Seminar pertanian
(optimasi lahan masyrakat dalam meningkatkan sector pertanian)
2.                  Advokasi
(Menegakkan perlindungan hak asasi manusia sebagai bagian dari upaya menegakkan prinsip negara hukum)

1.Kepala Dinas Pertanian  provinsi Kaltara

2.Ketua Aliansi  Gerakan Desa Mengugat
Minggu
ke 2
Kamis,28 Desember 2017
09.00- 12.00 wita
Siti Yunita sari
Andi Rahman

Didi kadarismanto
MC.
1.      Pengorganisasian masyrakat
(pemahaman dan kesadaran baru tentang pentingnya pengorganisasian masyarakat)

1.Aslan M.Ec.Dev






2.
Minggu
ke 3
Kamis ,04  Januari 2018
09.00- 12.00 wita
Eka Lathifatul.M
Oktobely



Istiqomah
MC.
1.Seminar kepemimpinan organiasi dan manajemn
2.   Seminar kewirausahaan
(Kewirausahaan Adalah Jalan Kehidupan )

1.Aslan M.Ec.Dev


2.DISPRINDAKOP Kabupaten Bulungan
Minggu
ke 4
Jumat,12 Januari 2018
08.00 s/d selesai
Seluruh Anggota BEM
Test materi


JADWAL ACARA
PERLOMBAAN

No
Hari/Tgl
Waktu
Jenis Perlombaan
Keterangan
1
Jumat,29 desember 2017
08.00 - 12.00 wita

Cerdas Cermat
Eka Lathifatul.M
   Siti Yunitasari
Sumarni
2
Sabtu, 30 Desember 2017
08.00 - 12.00 wita
13.00 – 17.30 wita  
1. lomba nyayi

2. lomba khotbah
Siti Yunita sari
Andi Rahman
Didi kadarismanto
3
Minggu 31 Desember 2017
08.00 - 12.00 wita
13.00 – 17.30 wita  
1. Lomba khotbah
2. Tarik Tambang  
Antonius
Oktobely
Hendra Putra




















AGENDA ACARA
PEMBUKAAN
No
Waktu
Kegiatan
Keterangan
1
08.00 -11.00 wita
Kreasi Seni
Tarian dayak
2
Pembukaan :
Kegiatan Desa Binaan Rt 10 Sungai Urang Tanjung Palksa Hilir Yang Dilaksanakan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Kaltara (Bem)”
  
Mc
  Meenyayikan Lagu Indonesia Raya Dan Hymen Universitas Kaltara
Panitia  dan Tamu Undagan
  Laporan Ketua Pelaksana
  Sambutan-sambutan :
1.Ketua bem universitas kaltara
2.Rektor universitas kaltara
3.Bupati bulungan

1.Risno karsim
2.Prof Abdur Jabarsyah Phd
3. H.Sudjati.SH
3
Pembacaan doa
-          Irfandi
4

Penutup
Mc


Komentar

Postingan populer dari blog ini

kesekretariatan adminitrasi bem unikaltar

BEM UNIKALTAR bersama Aliansi Gerakan Desa Menggugat menyelengarakan DIALOG PUBLIK dan RAPAT AKBAR